Tips Cepat Hamil

Tips Cepat Hamil
Buku Panduan Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli, SpOG

Perlunya Konseling Genetik Kehamilan

Tips Cepat Hamil. Ada berbagai masalah yang sering dialami pada wanita hamil dengan usia di atas 35 tahun. Sebagai antisipasi dan untuk meminimalisir kemungkinan timbulnya kendala dalam kehamilannya, calon ibu disarankan untuk melakukan persiapan yang matang, perawatan prenatal dan juga konseling genetik. Konseling genetik pada ibu hamil sangat penting untuk mengetahui kondisi kehamilannya. Konseling genetik ini meliputi riwayat reproduksi pasien, riwayat kesehatan keluarga dan kondisi genetika akibat perkawinan sedarah. Pasangan yang masih ada pertalian tergolong saudara sangat penting untuk diketahui konselor untuk mengidentifikasi kemungkinan terjadi kelainan genetika.

Banyak hal perlu diketahui konselor dari pasien yang akan melakukan konseling, yakni riwayat reproduksi pasien tentang riwayat kehamilan yang pernah dialaminya, keguguran, kematian janin di dalam rahim atau saat proses melahirkan, jenis dan rentang waktu KB yang digunakan, kesehatan pasien dan pasangan termasuk kesehatan saudara kandung pasien dan pasangan, serta berbagai hal penting yang mungkin berpengaruh terhadap kehamilan.

Berdasarkan hal-hal tersebut, dokter dapat mengetahui mengenai kehamilan yang sedang dijalani pasiennya apakah termasuk kehamilan resiko tinggi atau tidak dan dapat memudahkan dokter dalam mengidentifikasi abnormalitas yang telah muncul dalam keluarga pasien. Konseling genetik juga dapat membantu dokter dalam memprediksi kemungkinan hal tersebut juga muncul pada pasiennya. Konselor akan memberikan informasi tentang kehamilan dan janinnya, sedangkan keputusan tetap di tangan pasiennya. Anda dapat berkonsultasi dan menjadikan dokter kandungan sebagai konselor Anda.

0 Response to "Perlunya Konseling Genetik Kehamilan"