Tips Cepat Hamil

Tips Cepat Hamil
Buku Panduan Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli, SpOG

Hamil Anggur Berbahaya Bagi Calon Ibu

Hamil Anggur Barbahaya Bagi Calon Ibu
Hamil Anggur. Hamil Anggur Barbahaya Bagi Calon Ibu. Pengetahuan seputar kehamilan sangat diperlukan bagi setiap pasangan yang sudah menikah , terutama bagi calon ibu. Mungkin Anda pernah mendengar tentang hamil anggur. Salah satu ciri fisik seorang wanita yang hamil adalah terjadinya perubahan tubuh pada bagian perut yang semakin membesar. Namun, tidak selamanya perut yang membesar menunjukkan kehamilan. Ada berbagai faktor penyebab semakin membesarnya bagian perut, salah satunya ada yang dinamakan hamil anggur. Apa yang dimaksud dengan hamil anggur anggur tersebut?

Hamil anggur atau Mola hidatidosa adalah kehamilan abnormal berupa tumor jinak yang terbentuk akibat kegagalan pembentukan janin. Bakal janin tersebut dikenal dengan istilah mola hidatidosa dan istilah hamil anggur digunakan karena bentuk bakal janin tersebut mirip dengan gerombolan buah anggur.Selain itu, Mola hidatidosa juga dapat didefinisikan sebagai penyakit yang berasal dari kelainan pertumbuhan calon plasenta (trofoblas plasenta) dan diserai dengan degenerasi kistik villi serta perubahan hidropik. Wikipedia.

Mengetahui penyebab sulit hamil pada pasangan sangat penting untuk dapat segera dicarikan solusinya. Apa penyebab sulit hamil. Pasangan yang sudah lama menikah dan belum dikaruniai keturunan akan merasa bahwa rumah tangga mereka belum sempurna. Ketika sang istri menunjukkan perubahan fisik pada bagian perutnya seperti wanita yang sedang hamil, maka mereka akan sangat bahagia dan menanti kelahiran sang jabang bayi karena calon ibu yang mengalami hamil anggur juga ditandai dengan perut yang membesar seperti pada kehamilan normal. Setelah melakukan pemeriksaan seperti USG dan tes kadar hormon HCG barulah dapat diketahui apa yang terjadi. Tentu saja setiap pasangan akan merasa sedih dan kecewa apabila ternyata sang istri divonis hamil anggur dan bukan hamil yang sebenarnya.

Penyebab hamil anggur ini belum diketahui secara pasti, diduga penyebabkan adalah kekurangan gizi dan gangguan peredaran darah rahim. Gangguan pada proses kehamilan yang mengakibatkan terhentinya perkembangan sel telur pada minggu ketiga atau keempat dan berkembangnya sel-sel trofoblas yang tidak mengandung pembuluh darah yang kemudian membentuk gelembung-gelembung yang berisi cairan ini dapat menjadi penyebab terjadinya hamil anggur. Hal ini dikuatkan dengan beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa hamil anggur terjadi karena kekurangan vitamin A sehingga mengakibatkan kehamilannya tidak berkembang secara normal dan plasenta berbentuk seperti buah anggur.

Beberapa tanda seorang wanita mengalami hamil anggur diantaranya kandungannya tampak lebih besar dari usia kehamilan yang sebenarnya, ibu mengalami mual dan muntah luar biasa di trimester pertama, terjadi perdarahan yang berulang, dan kadar HCG tinggi yang dapat diketahui setelah melakukan serangkaian tes kadar hormon.

Hamil anggur ini tidak bisa dianggap sepele karena bisa berkembang menjadi kanker. Menurut dokter subspesialis onkologi ginekologi Prof. dr. Andrijono, Sp.OG(K)Onk. yang mengatakan bahwa apabila seorang wanita mengalami hamil anggur maka ada kemungkinan 20 persen akan berubah jadi kanker. Maka tentu saja hal ini tidak boleh dibiarkan, namun harus segera ditangani untuk mencegah agar tidak berkembang menjadi kanker yang akan beresiko menyebar ke paru-paru hingga otak. Oleh sebab itu, jangan terlambat dalam melakukan terhadap penanganan hamil anggur ini.

Hamil anggur sangat berbahaya bagi calon ibu maka sel anggur harus segera dikeluarkan dengan cara kuretase karena hamil anggur tidak selalu menyebabkan keguguran secara spontan, sehingga harus dikeluarkan dengan cara kuretase agar tidak berkembang menjadi kanker. Pada wanita yang hamil anggur akan sering mengalami perdarahan yang mengakibatkan anemia. Bahkan membawa dampak terburuk yaitu menyebabkan kematian akibat kehilangan banyak darah.

Tips Cepat Hamil. Bagaimana tips agar cepat hamil lagi setelah hamil anggur? Dalam upaya mengurangi resiko atau pencegahan hamil anggur berkembang menjadi kanker, dokter akan menyarankan pasiennya untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Lakukan perawatan intensif pasca-kuretase agar sel-sel trofoblas tidak terus menyebar dan merusak sel-sel lain di sekitarnya. Selain itu, rajin melakukan serangkaian pemeriksaan, seperti pemeriksaan darah, foto rontgen, serta pemeriksaan kadar HCG.Bukan berati wanita yang hamil anggur tidak bisa hamil lagi. Apabila sudah dinyatakan sehat kembali oleh dokter, tentu saja wanita tersebut sudah boleh hamil lagi. Para wanita tidak perlu terlalu khawatir, apabila hamil anggur segera ditangani maka tidak akan ada masalah jika ingin cepat hamil lagi.

0 Response to "Hamil Anggur Berbahaya Bagi Calon Ibu"