Tips Cepat Hamil

Tips Cepat Hamil
Buku Panduan Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli, SpOG

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita

Tips Cepat Hamil. Mengetahui masa subur sangat penting bagi wanita yang menginginkan kehamilan. Kehamilan merupakan saat yang paling indah dan paling ditunggu bagi pasangan yang sudah menikah untuk melengkapi kebahagiaan dan kesempurnaan berumah tangga. Selain kesehatan, kesuburan dan masa subur harus diperhatikan untuk cepat bisa hamil. Masa subur sangat berpengaruh terhadap kehamilan seorang wanita.

Dengan mengetahui masa subur, pasangan suami istri dapat menentukan waktu yang tepat untuk melakukan hubungan suami istri. Hubungan suami istri sebaiknya dilakukan pada saat Anda dalam masa subur karena pada masa subur tersebut sel-sel telur dalam indung telur sudah matang dan siap dibuahi. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui masa subur Anda. Hal ini bisa diketahui berdasarkan siklus haid, suhu tubuh, getah lendir leher rahim, serta hasil USG (Ultrasonografi).

Melakukan Ultrasonografi (USG) dapat menentukan masa subur Anda. Melalui cara ini dapat diketahui kapan sel telur mulai terbentuk di dalam indung telur, kapan sel telur menjadi matang, sampai kapan sel telur dikeluarkan. Selain USG, Anda dapat memperkirakan masa subur Anda sendiri dengan mengidentifikasi siklus haid, suhu tubuh serta getah lendir leher rahim.

Anda dapat memperkirakan masa subur Anda berdasarkan siklus haid. Rata-rata siklus haid berlangsung 28-30 hari atau 22-35 hari. Sel telur berovulasi pada pertengahan masa haid atau sekitar hari ke-14 hingga hari ke-16 yang dihitung dari hari pertama haid. Mulailah hitung mulai dari 3 hari sebelum hari ke-14 dan 3 hari setelah hari ke-16 adalah perkiraan masa subur Anda dan memungkinkan sel telur siap untuk dibuahi.

Masa subur juga dapat diketahui dengan cara melakukan pengamatan pada perubahan kekentalan lendir yang keluar dari vagina. Pada masa subur, lendir terlihat seperti daun pakis, lengket, kenyal, serta apbila dipegang dan ditarik tidak terputus dan memanjang. Suhu tubuh meningkat pada saat sel telur sudah matang dan siap dibuahi, rahim akan siap menerima sel telur yang berhasil dibuahi. Dengan mengamati pola kenaikan suhu tubuh, Anda bisa mengetahui rentang masa subur Anda. Jika ingin mengukur suhu tubuh Anda, lakukan pengukuran suhu tubuh setiap hari, di pagi hari saat bangun tidur dan pada jam yang sama. Apabila suhu tubuh menunjukkan posisi di atas kurva normal maka artinya Anda sedang dalam masa subur. Bagi para wanita yang sedang menanti kehadiran buah hati, semoga Anda segera hamil dan segera memiliki momongan.

0 Response to "Cara Mengetahui Masa Subur Wanita"