Tips Cepat Hamil

Tips Cepat Hamil
Buku Panduan Cepat Hamil dr. Rosdiana Ramli, SpOG

Mengatasi Step Pada Anak

Tips Cepat Hamil. Anak merupakan anugerah terindah dalam hidup. Ketika anak sakit, orang tua akan merasa sedih dan khawatir. Pada anak-anak usia 6 bulan hingga 4 tahun rentan mengalami kejang saat terkena demam. Kejang demam atau step terjadi akibat kontraksi otot pada kurun waktu tertentu yang tidak terkendali. Kondisi seperti ini membuat para orang tua dihinggapi kecemasan yang amat sangat. Apabila anak Anda mengalami kejang demam yang perlu dilakukan adalah mengurangi akibat buruk dari kejang tersebut. Kejang demam pada umumnya terjadi pada suhu tubuh lebih dari 39o Celsius, namun dapat juga terjadi dengan suhu tubuh yang lebih rendah pada anak-anak tertentu yang toleransinya rendah.

Gejala-gejala kejang demam antara lain terjadi kekakuan pada tangan dan kaki yang ditunjukkan dengan gerakan kejut yang kuat dan tidak terkendali, rahang terkatup rapat, bola mata berbalik ke atas, bahkan ada pula yang disertai muntah-muntah. Pada kasus kejang deman yang berat disertai kencing atau buang air besar.

Sebagai penanganan yang dapat dilakukan untuk pertolongan pertama pada kejang demam, berikan obat pelemas otot melalui anus pada anak, anak ditidurkan dengan posisi miring agar anak tidak menelan muntahannya sendiri. Letakkan sesuatu benda untuk mengganjal di antara gigi anak Anda agar anak tidak menggigit lidahnya sendiri. Jauhkan benda-benda tajam yang ada dekat anak atau dari jangkauan anak. Tindakan yang paling penting yang harus dilakukan dengan cepat adalah segera membawa Anak ke dokter atau fasilitas kesehatan terdekat untuk menghindari keadaan semakin memburuk atau hal-hal yang tidak diinginkan.

Para orang tua harus mengetahui tindakan pencegahan terjadinya kejang demam. Sediakan alat pengukur suhu tubuh (termometer) dan ukurlah selalu suhu tubuh anak untuk selalu memantau kondisi anak. Sediakan obat penurun panas dan berikan obat tersebut jika suhu tubuh anak lebih dari 38o Celsius. Kebiasaan mengngompres anak dengan air es atau alkohol adalah kebiasaan yang salah. Jika anak demam, kompres dengan menggunakan air biasa atau dengan air yang suhunya sama dengan suhu tubuh anak. Jika anak demam, hindari pemakaian selimuti selimut tebal.

0 Response to "Mengatasi Step Pada Anak"